Jalan Malioboro

Jalan Malioboro Pusat Keramaian Kota Jogja

Jalan Malioboro Pusat Keramaian Kota Jogja . Jalan Malioboro adalah nama sebuah jalan di Kota Yogyakarta yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Jalan Malioboro dianggap sebagai saksi sejarah dan juga dikatakan sebagai jantung dari Kota Yogyakarta.

Tempat ini juga merupakan salah satu ikon dari Kota Jogja yang sudah dikenal di seluruh nusantara bahkan telah mendunia.

Jalan Malioboro sendiri sebenarnya adalah sebuah jalan yang menghubungkan tiga kawasan jalan di Kota Yogyakarta. Diantaranya jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro dan Jalan Margo Mulyo dan menghubungkan Tugu Yogyakarta hingga ke kawasan perempatan Kantor Pos Kota Yogyakarta.

Oleh sebab itu, dikarenakan pada sepanjang jalan ini menghubungkan banyak tempat bersejarah di Kota Yogya, maka tak heran jika Malioboro selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan selama 24 jam non stop.

Icon Kota Jogja

Jalan Malioboro menjadi sangat ramai untuk dikunjungi dan merupakan salah satu ikon dari Kota Yogyakarta karena memiliki banyak keistimewaan yang terdapat didalamnya.

Keistimewaan dari tempat ini adalah ketika kita melewatinya akan melihat berbagai banyak pedagang kaki lima yang tertata rapi sepanjang bahu jalan Malioboro dengan diimbangi oleh beberapa tempat berbelanja modern (Mall) yang juga berada disekitar jalan ini.

Hal ini karena Jalan Malioboro merupakan salah satu tempat wisata belanja terbesar di kota Jogja dimana bentuk pasar tradisional dan modern saling berdampingan. Maka, ketika Anda ingin berbelanja beberapa oleh-oleh dari kota Jogja, Malioboro adalah tempat yang tepat.

Disini Anda akan mendapatkan segala bentuk pernak pernik, cinderamata dan beberapa oleh – oleh lain khas Kota Yogya.

Untuk masalah harga Anda tak perlu khawatir, berbeda dengan beberapa tempat wisata lain yang menawarkan harga selangit, di wisata belanja Malioboro. Anda akan mendapatkan harga yang cukup murah dengan proses tawar menawar secara tradisional dengan para pedagang.

Serajah

Jalan Malioboro selama bertahun tahun tahun dua arah , tapi tahun 1980 menjadi satu arah saja, dari jalur Kereta api ke selatan sampai ke Pasar Bringharjo.

Ada beberapa versi tentang asal usul nama Malioboro, diantaranya :

  • Versi dari pamphlet iklan rokok

Pada tahun 1980 terdapat pamphlet iklan rokok Marlboro pada bangunan pertama di sebelah selatan jalur kereta api yang kemudian menarik perhatian penduduk setempat dan asing, lalu munculah nama jalan Malioboro.

  • Versi nama tokoh militer Inggris Marlborough

banyak orang menganggap nama Malioboro berkaitan dengan nama seorang tokoh militer inggris, bernama Marlborough. Karena pengucapanya terlalu sulit maka orang setempat mengucapkannya dengan Malioboro. Hal ini didasarkan pada sebuah catatan sejarah yang mengatakan bahwa Keraton Yogyakarya di Zaman Sri Sultan Hamengku Buwono II pernah dirampok oleh pasukan Inggris , peristiwa ini dikenal dengan sebagai Geger Sepehi pada tahun 1812.

Raffles dalam Bukunya The History Of Java 1817 tidak satu halamanpun menyebutkan nama Malborough, meski demikian nama tersebut pernah ada di inggris dan telah meninggal tahun 1722. Sebelum peristiwa Geger Sepehi.

Terkait dengan ini para sejarawan banyak yang mempertanyakan keabsahanya.

  • Versi dari Buku Ramayana

Dalam Buku Ramayana asli kata Malyabhara ditemukan dan berasak dari kata Sansekerta. Malya artinya Karangan Bunga dan Bhara artinya menyajikan. Muncul juga dalam Ramayana versi Jawa dari abad ke 9 dan ke 10 Buku Adipurwa dan Wirathaparwa. Tak hanya itu nama tersebut juga ada di buku Parthawijaya abad ke 14 dan muncul lagi dalam Dharmasunya 1714.

Beberapa Sejarawan meyakini kata Malyabhara menginspirasi Sultan Hamengku Buwono I untuk menamakan jalan tersebut.klaim tersebut dikuatkan dengan adanya gagasan Malyabhara sebelum perjanjian Giyanti 1755.

Disebutkan bahwa telah berfungsi Malyabhara pada Margaraja di Yogyakarta abd ke 19 dan 20. Dalam upacara penyambutan kedatangan tamu tamu besar Belanda dari Batavia.

Disepanjang Jalanan ini dipasang Lengkung papah kelapa berjanur kuning dan karangan bunga warna warni sama seperti makna kata Malyabhara dalam bahasa sansekerta.

 

Wisata Malioboro

Bukan hanya wisata belanja saja yang bisa anda dapatkan jika anda mengunjungi Malioboro. anda akan mendapatkan setengah dari wisata kota Jogja jika telah berkunjung ke tempat ini.

Hal ini karena beberapa bangunan bersejarah juga berdiri disepanjang jalan Malioboro yang membuat anda merasakan sensasi sejarah dari kota Jogja.

Jika berjalan menelusuri Jalanan ini anda akan menemukan beberapa bangunan bersejarah peninggalan kolonial. Seperti Gedung Taman Budaya, Hotel Ina Garuda, Bank BNI 46, dan Bank Indonesia. Ada juga beberapa objek wisata lain yang terdapat di sekitar area Malioboro. diantaranya adalah Keraton Yogyakarta dan alun-alun, Masjid Agung, Benteng Vredeburg, Museum Sonobudoyo dan Kampung Kauman.

Beberapa wisata ini bisa anda akses dengan berjalan kaki melalui tepi jalan di sepanjang Malioboro hingga alun-alun kota Jogja.

Beberapa pilihan alternatif lain seperti menggunakan jasa Becak atau Delman yang tersedia di sepanjang jalan Malioboro. Tentunya bisa memudahkan anda jika ingin melakukan perjalanan wisata.

Fasilitas

Bagi anda yang ingin mengunjungi kawasan Malioboro tidak perlu resah karena fasilitas di tempat ini tergolong lengkap, seperti :

  • Toilet Umum
  • Tempat sampah
  • Pedestrian
  • Tempat duduk
  • Taman
  • Pedagang kaki lima yang menjual Souvenir
  • Toko di sepanjang jalan yang menjual Baju, souvenir hingga Kuliner
  • Mall Malioboro
  • Petugas yang siap membantu anda di sekitar kawasan Malioboro

Lokasi

Lokasi Jalan Malioboro ada di Pusat Kota Jogja , tepatnya di Jalan Malioboro . Gedong tengen, Kota Yogyakarta,DIY.

Jika anda berkunjung ke Jogja belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Jalan Malioboro.  yuk mari rencakan liburan anda di Yogkarta bersama Alif tour, anda bisa menggunakan Bagong Package untuk anda yang ingin berwisata 1 hari di jogja, Petruk Package  bagi anda yang ingin lebih lama di jogja yaitu 2 hari 1 malam, Gareng Package untuk anda yang ingin berwisata 3 hari 2 malam, dan Semar Package untuk anda yang memiliki waktu cukup lama untuk liburan di Jogja yaitu 4 hari 3 malam langsung berdiskusi dengan admin kami di 0877-7077-2622. Selamat berwisata ya guys……..!!!!

Recomendasi Tour dan Travel Jogja Profesional Terpercaya

jika anda ingin berkunjung ke Jogja bisa sewa mobil di halaman ini atau bisa ambil paket wisata jogja disini

Daftar Pustaka :

  • Malioboro
Rate this post