Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta Destinasi Wisata Edukasi

Taman Pintar Yogyakarta Destinasi wisata Edukasi. Tempat wisata ini merupakan salah satu wahana bermain sekaligus belajar untuk anak-anak yang disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta.

Untuk menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan serta memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains.

 Wahana bermain yang berada di sebelah timur jalan Malioboro ini menyediakan berbagai wahana permainan yang  tidak hanya mendidik. Namun akan membuat buah hati Anda merasa senang.

Objek wisata ini bisa dinikmati oleh anak-anak yang belum sekolah hingga anak-anak usia sekolah menengah untuk memperluas dan mempendalam pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung karena bisa dibilang secara sederhana, Taman Pintar Jogja adalah laboratorium dalam kemasan rekreasi.

Sejarah

Bangunan taman pintar dulunya merupakan bekas pusat perbelanjaan (shopping center) dan mulai dilakukan Relokasi area pada tahun 2004 dengan beberapa tahap pembangunan. Setelah semua tahap selesai, peresmian (Grand Opening) digelar pada 16 Desember 2008 oleh presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono. Target utama pembangunan tempat ini menurut pemerintah adalah mendukung program pembelajaran regular di sekolah sejak dini.

Dengan mengasah kreativitas anak didik sedini mungkin dengan harapan akan semakin banyak inovator teknologi yang muncul dari Indonesia. Karena lokasinya yang sangat stategis yaitu letaknya di Taman Budaya, Benteng Vredeburg dan Gedung Agung.

Menjadikan bangunan ini berfungsi sebagaimana mestinya dan berkaitan dengan bangunan bangunan yang ada disekitarnya. Selain itu juga terdapat ruko-ruko buku dibelakang bangunan taman pintar ini yang pastinya menyediakan berbagai macam buku dari kategori fiksi atau non fiksi.

Makna Logo Taman Pintar

Kembang api adalah simboliasasi dari intelegensi dan imajinasi. Dalam bahasa Jawa kembang api menggambarkan Mlethik = Pintar = Padhang mak byar = Pintar .  dan kembang api adalah sesuatu yang menyenangkan , menghibur sesuai dengan Visi Taman Pintar sebagai Wahana Ekspresi , Apresiasi dan Kreasi sains dalam suasana yang menyenangkan.

Gambar Logo yang muncul ke luar mengandung makna Outward Looking  atau selalu melihat keluar untuk terus belajar mengukuti dinamika perubahna yang ada pada diri anak.

Gambar Logo tampak seperti matahari mempunyai makna menyinari sepanjang masa. Dan Jari jemari kembang api melambangkan keselarasan antara INTELEGENSI dan SOSIAL LIFE . dan diharapkan wisatawan dapat memiliki IQ, SQ dan EQ.

Efek perspektif adalah simbolis ” sesuatu yang Tinggi “, Cita cita pengharapan bahwa Taman Pintar akan membantu generasi muda Indonesis khususnya Yogyakarta dalam meraih cita cita nya.

Miring ke kanan sebagai visualisasi pergerakan kea rah yang lebih baik. Sedangkan gabungan warna Hijau dan biru melambangkan pertumbuhan tak terbatas.

Belajar sambil Reskreasi

Salah satu tujuan didirikanya tempat ini adalah sebagai sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulim pendidikan. Dengan mengunjungi objek wisata ini anak anak dan generasi muda diharapkan dapat mempunyai motivasi yang lebih untuk mencintai sains.

Selama ini ada kesan bila belaja sains itu sulit dan membosankan, tapi di tempat ini belajar sains akan lebih menyenangkan karena menggunakan alat alat peraga dan juga terdapat berbagai wahana permainan. Dengan demikian anak anak akan lebih memperdalan materi materi pembelajaran yang di terima saat disekolah.

Wahana

Taman pintar terdiri atas 5 gedung yang masing masing memiliki wahana yang berbeda. Kelima gedung tersebut adalah :

  1. Gedung Memorabilia

Gedung ini memiliki 3 wahana yaitu Sejarah Kesultanan Keraton, Tokoh Pendidikan dan Kepustakaan Presiden.  Disini  anak anak bisa belajar tentang beberapa tokoh pendidikan seperto ki Hajar Dewantoro dan juga tentang presiden yang pernah menjabat di Indonesia.

  • Gedung Oval

Gedung ini mempunyai 10 wahana yaitu Aquarium Air Tawar, Zona Kehidupan Prasejarah, Dome Area , Zona Cuaca Iklim dan Gempa, Terowongan Ilusi, Zona Tata Surya , Zona Teknologi Komunikasi, Generator  Van De Graaf, Generator Pedal dan Zona Nuklir,

  • Gedung Kotak

Gedung ini terdiri dari 16 zona diantaranya Zona Microsoft, Zona Standart Nasional Indonesia, Zona Dino Adventure dan teater 4D, Zona Telekomunikasi, Zona Sumber daya Air, Hand On Science, Zona Melek Gizi, Zona Sains, Zona Tepi TV, Zona Olahraga, Zona Sahabat pemberani, Zona Indonesiaku, Zona Galeri Pusaka dan Perpustakaan.

  • Gedung Planetarium

Gedung ini merupakan gedung yang paling banyak dikunjungi. Disini anak anak bisa melihat simulasi suasana langit pada malam hari denggan menggunakan proyerktor digital. Selain itu juga ada film perjalanan manusia di bulan yang akan di putarkan, semua itu di proyeksikan dalam kubah setengah lingkaran yang dilengkapi kursi penonton.

  • Gedung PAUD

Gedung ini trebagi menjadi 2 bagian yaitu Paud Timur dan Paud  Barat. Gedung ini memang di khususkan bagi anak anak usia 2-7 tahun yang belajar tentang sains dan teknologi tapi dengan konsep bermain.

Program Kreativitas

Selain wahana wahana yang lengkap diatas, di Taman Pintar anak anak juga dapat mengikuti beberapa program kreativitas seperti membatik, membuat kreasi gerabah, melukis kaos , melukis gerabah, berlatih menjadi presenter TV dan pelatihan robotic. Kegiatan tersebut tentunya akan mengasah otak anak sehingga menjadi loebih kreatif.

Fasilitas

Taman Pintar dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain :

  • Food Court
  • Shopping Center
  • Mushola
  • Ruang kesehatan
  • Lift
  • Pusat Informasi dan pelayanan
  • Tempat yang di sewakan

Harga Tiket Masuk Taman Pintar Jogja 2020

Tips berkunjung

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin berkunjung ke tempat ini , antara lain :

  • Pembelian tiket ada di loket yang letaknya ada disamping gedung Oval
  • Diharapkan datang minimal 5 menit sebelum jam tayang yang tertulis di tiket, karena tiket tersebut hanya berlaku sesuai degan jam tayang dan tanggal yang tertera di tiket.
  • Jangan membawa makan dan minuman ke ruang pertunjukan karena dilarang oleh pengelola.

Lokasi

Lokasi Taman Pintar sangat mudah dicari karena berada di dekat pusat kota jogja. Tepatnya di Jalan Panembahan Senopati no 1-3 Ngupasan , Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yuk Belajar sambil bermain di Taman Pintar Jogja

Tunggu apalagi guys, yuk mari rencakan liburan anda di Yogkarta bersama Alif tour, anda bisa menggunakan Bagong Package untuk anda yang ingin berwisata 1 hari di jogja, Petruk Package  bagi anda yang ingin lebih lama di jogja yaitu 2 hari 1 malam, Gareng Package untuk anda yang ingin berwisata 3 hari 2 malam, dan Semar Package untuk anda yang memiliki waktu cukup lama untuk liburan di Jogja yaitu 4 hari 3 malam langsung berdiskusi dengan admin kami di 0877-7077-2622. Selamat berwisata ya guys……..!!!!

Recomendasi Tour dan Travel Jogja Profesional Terpercaya

jika anda ingin berkunjung ke Jogja bisa sewa mobil di halaman ini atau bisa ambil paket wisata jogja disini

Daftar Pustaka :

5/5 - (1 vote)