kalibiru jogja, wisata kalibiru, wisata kulonprogo, paket wisata jogja

Kalibiru Jogja, Destinasi Wisata Hits dan Kekinian

Kalibiru Jogja Wisata Hits dan Kekinian. Kalibiru Jogja adalah pelopor tempat wisata yang menyuguhkan gardu pandang yang  mempunyai latar perbukitan serta pemandangan yang luar biasa, yang menjadi Trend di wisata jogja saat ini.

Kalibiru Jogja berada di Kabupaten Kulonprogo, destinasi wisata yang satu ini mempunyai kontur tanah yang bergelombang serta dikelilingi oleh perbukitan dalam area hutan lindung. Kalibiru ada di ketinggian 450 M dpl dengan pemandangan alam yang sangat mempesona serta udara yang sangat sejuk menjadikan salah satu daya tarik tempat ini.

Kawasan hutan lindung ini dikelola oleh penduduk setempat yang kemudian dimanfaatkan sebagai kawasan objek wisata hal ini bertujuan untuk tetap melestarikan hutan sekaligus dapat meningkatkan pendapatan warga sekitar.

Sejarah singkat

Sebelum tahun 1930 kalibiru Jogja merupakan kawasan perkampungan biasa yang dihuni penduduk desa secara turun temurun. Bahkan waktu itu Pangeran Diponegoro pernah melakukan perlawanan terhadap VOC di tempat ini sekaligus sebagai lokasi persembunyian. Dan sebagian besar penduduk di desa ini adalah petani tradisional dengan lahan pertanian yang sangat terbatas.

  • Pada tahun 1930 sampai 1945 pemerintah Hindia Belanda menetapkan sebagian perkampungan sebagai kawasan yang tertutup untuk kegiatan rakyat, karena kawasan ini dijadikan hutan penghasil kayu. Sehingga warga dikawasan ini dipaksa keluar dar kawasan tanpa diberikan kompensasi yang layak namun mereka tidak bisa melawan atas keputusan ini karena rakyat berada dalam posisi yang terjajah. Dan akhirnya mereka memutuskan untuk keluar dan mencari tempat tinggal yang baru.
  • Sekitar tahun 1945 hingga 1949 Pemerintah Indonesia berhasil mengambil alih kekuasaan atas hutan tersebut serta menetapkanya sebagai Hutan milik Negara. Luas kawasan ini sekitar 1.047 hektar yang sebagian besar adalah lahan perbukitan.
  • Tahun 1949 sampai 1964 Pemerintah Indonesia berhasil melakukan penghijauan kembali dikawasan hutan Negara, sehingga hutan ini mampu berfungsi sebagai mana mestinya yaitu sebagao daerah tangkapan air yang baik. Mata air disini juga mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama hingga membuat permukiman di sekitar tidak pernah kekeringan. Keanekaragaman hayati tanaman serta satwa nya pun terjaga dengan baik, menjadikan  masyarakat merasa nyaman tinggal disekitar kawasan hutan ini.
  • Periode tahun 1964 sampai 2000 kondisi hutan Negara mulai mengalami kerusakan yang mengakibatkan kualitas hutan ini menurun. Berawal sekutar tahun 1964-1965 saat situasi politik Indonesia sangat kacau akibat adanya pemberontakan oleh PKI, hal ini berdampak secara social dan ekonomi. Akibat desakan ekonomi warga sekitar memilih jalan pintas dengan cara mencuri kayu di Hutan Negara, peluang menebang kayu di kahan ini oun semakin terbuka karena penjagaan hutan yang tidak ketat seperti dulu. Mandor hutan yang semestinya bertugas mengamankan hutan malah justru terlibat dalam pembalakan liar dan hal ini berlangsung terus menerus sehingga kondisi hutan semakin hari semakin memburuk. Puncak dari kerusakan terjadi saat krisis global 1997-2000 dimana control pemerintah terhadap hutan sangat lemah, akhibatnya terjadi penebangan liar secara besar besaran.
  • Tahun 1999 sampai 2008 pemerintah mengadakan kerjasama  bersama LSM yayasan Dinar untuk memberdayakan masyrarakat sekitar Hutan Kalibiru Jogja melalui LMDH dengan kegiatan pengelola lembaga kawasan hutan dan usaha oleh masyarakat. Langkah awal nya adalah dengan terbitnya surat ijin sementara Hutan Kemasyarakatan pada tahun 2003 dan akhirnya menjadi ijin tetap di tahun 2007

Setelah melalui proses pendampingan yang intensif berupa pelatihan ,diskusi , studi banding dan kegiatan lainya akhirnya masyarakat mengalami beberapa perubahan mendasar seperti :

  1. Kembalinya kesadaran kolektif pada masyarakat terhadap kelestarian hutan.
  2. Tumbuhnya kesadaran masyarakat akan hak dan kewajibanya sebagai warga Negara dalam pengelolaan hutan milik Negara.
  3. Terpeliharanya norma norma dan kearifan local dalam masyarakat.

Adanya pembangunan Wisata Alam Kalibiru Jigja merupakan salah satu kegiatan yang dikembangkan oleh komunitas Lingkar sebagai solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat sekitar hutan. Dengan Wisata alam ini diyakinini akan menjadi kegiatan bagi masyarakat agar kelestarian hutan tetap terjaga ditambah dapat meningkatkan pendapatan ekonomi serta mensejahterakan masyarakat sekitar hutan.

Perpaduan antara keelokan alam serta budaya local masyakarat baik budaya pertanian, peternakan maupun budaya gotong royong sera adanya jenis kesenian local pastinya mampu membentul sebuah destinasi wisata baru yang menarik  dengan nama DESA WISATA KALIBIRU.

Aktivitas dan Wahana yang ada di Kalibiru

Ada beberapa aktivitas serta wahana yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, diantara nya adalah :

  • Pondok Wisata

Pondok wisata merupakan penginapan dengan disain rumah kampung jawa yang telah dimodifikasi, di kawasan ini ada sekitar 6 unit pondok wisata dengan daya tampung masing masing 10 sampai 15 orang.

  • Joglo atau Ruang Pertemuan

Fasilitas ini disediakan khusus dalam bentuk Rumah Joglo yang masih orisinil. Jumlahnya ada 3 unit masing masing mempunyai kapasitas hingga 75 orang.

  • Gardu Pandang

Gardu pandang ini dibangun di atas ketinggian bukit menoreh, disini anda dapat menikmati keindahan pemandangan alam yang ada di bawah bukit. Serta jangan lupa mengabadikan moment perjalanan wisata anda dengan ber foto foto sepuasnya.

  • Perpustakaan

Perpustakaan juga dibangun di kawasan ini tujuannya agar dapat menambah pengetahuan masyakarat sekitar supaya kebih berwawasan.

  • Flying Fox

Fasilitas Flying Fox dibuat agar pengunjung lebih tertarik dengan destinasi wisata ini, selain untuk menguji adrenalin anda flaying fox juga dapat dijadikan alternative untuk ber foto. Disini ada dua lintasan Flying Fox, diantara nya :

1 Jalur untuk anak anak dengan panjang lintasan 50 m

1 Jalur untuk Dewasa dengan panjang lintasan 85 m

  • Sky Bike ( Sepeda Langit )

Wahana ini sangat digemari oleh pengunjung, Sky Bike akan membuat anda senam jantung dan pastinya akan memacu adrenalin anda. Pastinya fasilitas ini sangat apik untuk ber foto.

  • Jalur Tracking

Jalur Tracking yang ada di sini melingkar di sepanjang kawasan wisata. Dengan adanya jalur tracking ini bertujuan agar para pengunjung dapat mengenal berbagai jenis tanaman hutan serta dapat dijadikan untuk kegiatan berolahraga. Ada beberapa macam jalur tracking , diantaranya :

Jalur Dekat 2-3 km.

Merupakan Jalur yang melingkar dari kawasan dan melewati beberapa ruas jalan setapak lalu masuk ke pemukiman warga dan kembali ke kawasan wisata lagi.

Jalur Menengah 3-4 km.

Jalur yang melingkar dari kawasan wisata  melewati beberapa ruas jalan setapak lalu menyisir sungai kecil dan masuk ke pemukiman penduduk dan berakhir kembali ke kawasan wisata

Jalur Jauh 4-5 km.

Merupakan jalur melingkar dari kawasan wisata dan melewati ruas jalan setapak dilanjutkan menyisir sungai kecil lalu masuk ke lokasi waduk sermo selanjutnya melewati jalan utama dan masuk ke pemukiman penduduk dan berakhir di kawasan wisata lagi.

  • Spot Foto

Di kawasan wisata Kalibiru Jogja yang paling terkenal adalah Spot Foto yang unik dan instagramable. Spot foto ini terbuat dari kayu dan pepohonan dengan latar pemandangan bukit yang menawan. Namun spot foto ini berbayar tergantung jenis dan tingkat kesulitan spot foto tersebut. Disini tersedia juga jasa foto professional yang dapat membantu anda untuk mengabadikan moment perjalanan wisata anda.

Lokasi

Lokasi destinasi wisata Kalibiru Jogja berada di Desa Hargowilis – Kecamatan Kokap – Kabupaten Kulonprogo – Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Jogja sekitar 40 Km

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati semua wahana wisata di Kalibiru anda perlu menyiapkan budget untuk membayar,  Berikut rincianya :

KategoriHarga
Tiket Masuk / OrangRp10.000
Parkir MobilRp5.000
Parkir MotorRp2.000
Spot High Rope Game (HRG)Rp35.000
Spot Foto PanggungRp15.000
Spot Foto 1Rp15.000
Spot Foto Bundar / TampirRp15.000
Spot Foto 2Rp10.000
Spot Foto 3Rp10.000

Tips Berkunjung ke Kalibiru

  1. Perhatikan Jam Operasional tempat ini, destinasi wisata ini buka setiap hari pukul 06.00 smapa 17.00 WIB.
  2. Datanglah saat musim hujan karena bila musim kemarau maka hutan akan terlihat gersang dan panas.
  3. Datanglah sore hari agar tidak terlalu panas dan anda akan mendapatkan bonus Sunset yang mempesona.
  4. Jika anda tidak mau capek maka anda bisa naik Ojek motor untuk bisa sampai ke destinasi wisata ini.

Yuk kunjungi Objek wisata ini sekrang juga.

Tunggu apalagi guys, yuk mari rencakan Wisata anda di Yogkarta bersama Alif tour, anda bisa menggunakan Bagong Package untuk anda yang ingin berwisata 1 hari di jogja, Petruk Package  bagi anda yang ingin lebih lama di jogja yaitu 2 hari 1 malam, Gareng Package untuk anda yang ingin berwisata 3 hari 2 malam, dan Semar Package untuk anda yang memiliki waktu cukup lama untuk liburan di Jogja yaitu 4 hari 3 malam. Silahkan langsung berdiskusi dengan admin kami di 0877-7077-2622. Selamat berwisata ya guys, dan dapatkan pengalaman tak terlupakan bersama kami Alif Tour Jogja.

Recomendasi Tour  Yogyakarta Profesional dan Terpercaya

Apabila anda ingin berkunjung ke Jogja silahkan bisa  sewa mobil disini atau bisa ambil paket wisata jogja dengan Klik disini

Daftar Pustaka :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *